Kita mungkin sudah tidak asing dengan apa itu jobdesk. Istilah ini seringkali terdengar di lingkungan kerja ataupun organisasi karena berhubungan dengan tugas yang harus dilakukan oleh seseorang.
Bingung membeli souvenir event untuk acara perusahaan di mana? Pesan di Helloswag.id saja!
Jobdesk merupakan salah satu elemen penting yang harus dipahami dengan baik oleh pekerja atau anggota organisasi. Dengan memiliki jobdesk yang jelas dan terstruktur, setiap individu dapat mengetahui dan memahami tugas dan tanggung jawab mereka.
Dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai apa itu jobdesk, fungsi, manfaat, dan komponen yang harus ada dalam jobdesk. Untuk itu, yuk simak artikel ini hingga selesai!
Apa Itu Jobdesk?
Jobdesk adalah singkatan dari job description yang jika diterjemahkan berarti deskripsi pekerjaan. Dengan kata lain, jobdesk merupakan daftar tanggung jawab, tugas, dan peran yang harus dilakukan oleh seseorang pada sebuah posisi pekerjaan.
Merujuk pada laman Indeed dan e-journal uib.ac.id, jobdesk diartikan sebagai panduan tertulis yang membantu karyawan atau calon kandidat dalam memahami dan melaksanakan tugas sesuai dengan posisi atau peran yang diembannya. Maka dari itu, jobdesk harus dibuat dengan jelas, terstruktur, dan sesuai dengan kebutuhan organisasi untuk memastikan setiap individu memahami tanggung jawabnya dengan baik.
Biasanya, deskripsi pekerjaan ini disusun oleh bagian personalia atau Human Resources Department (HRD) agar isi dokumen tersebut komprehensif dan dapat menarik kandidat yang tepat untuk melamar.
Fungsi Jobdesk
Terdapat beberapa fungsi dari jobdesk yang harus kamu ketahui sebelum membuat deskripsi pekerjaan ini, yaitu:
- Memperjelas ekspektasi dan harapan kerja.
- Merekrut kandidat yang tepat.
- Menjelaskan tanggung jawab secara jelas.
- Memberikan gambaran budaya organisasi.
- Memberikan dasar untuk pemutusan hubungan kerja.
Manfaat Jobdesk
Berikut ini merupakan beberapa manfaat utama memiliki jobdesk yang terstruktur dengan baik:
- Mempermudah proses rekrutmen.
- Mencegah tumpang tindih tugas.
- Memberikan panduan kerja.
- Membantu perencanaan karier.
- Mempermudah evaluasi kerja.
Baca Juga: Contoh Susunan Panitia Pameran
Komponen Jobdesk
Terdapat berbagai komponen penting yang harus dimuat dalam sebuah jobdesk. Adapun komponen-komponen tersebut adalah sebagai berikut.
1. Jabatan
Penulisan jabatan dalam sebuah jobdesk sangatlah penting. Ini karena setiap individu memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda tergantung dengan jabatannya.
2. Tugas dan Inti Pekerjaan
Komponen lain yang harus dimuat dalam jobdesk adalah penjelasan secara umum mengenai inti pekerjaan dan tugas yang harus dikerjakan. Tugas dan inti pekerjaan ini tentunya harus sesuai dengan posisi atau jabatan terkait.
3. Kewajiban dan Tanggung Jawab
Seorang kandidat harus tahu apa yang diharapkan dari mereka terkait posisi yang dilamar agar dapat bekerja dengan maksimal. Oleh karena itu, jobdesk harus memuat penjelasan mengenai kewajiban dan tanggung jawab calon kandidat secara rinci.
4. Keterampilan dan Kualifikasi yang Dibutuhkan
Inti dari kecocokan antara seorang kandidat dengan pekerjaan tertentu terletak pada keterampilan yang dimiliki. Meskipun organisasi atau perusahaan dapat menyediakan pelatihan tambahan, sangat penting untuk tetap mencantumkan keterampilan utama yang diharapkan dalam deskripsi pekerjaan.
5. Persyaratan Fisik (Jika Dibutuhkan)
Untuk posisi yang memerlukan aktivitas fisik, sangat penting untuk mencantumkan persyaratan fisik tersebut di dalam job description. Hal tersebut dapat membantu kandidat untuk menilai apakah mereka mampu menjalankan pekerjaan tersebut sesuai dengan kemampuan fisik mereka.
6. Informasi Gaji dan Tunjangan
Faktor utama yang mempengaruhi seorang kandidat untuk melamar suatu posisi adalah gaji. Menyertakan rentang gaji dapat membantu menghindari ketidakcocokan sejak awal. Selain itu, informasi mengenai tunjangan seperti asuransi kesehatan, cuti, atau bonus juga dapat menjadi daya tarik tambahan yang menarik bagi seorang kandidat.
Nah, itulah beberapa hal penting mengenai apa itu jobdesk, fungsi, manfaat, dan komponen yang harus ada dalam deskripsi pekerjaan. Sebagai penutup, dapat disimpulkan bahwa jobdesk adalah catatan yang terstruktur mengenai tugas dan tanggung jawab seorang pekerja. Tugas yang dibebankan juga tentunya harus disesuaikan dengan bidang dan jabatannya.
Jika kamu sedang mencari souvenir unik untuk acara perusahaan, kamu bisa mengunjungi helloswag.id. Temukan berbagai pilihan menarik yang akan membuat acara kamu semakin berkesan!