Apa itu Sponsorship dan Manfaatnya

Apa itu sponsorship

Januari 24, 2025

Campaign Artikel Butuh Souvenir Event

Sponsorship merupakan salah satu bentuk komunikasi pemasaran di mana perusahaan memberikan dukungan berupa dana atau produk untuk meningkatkan citra mereka melalui eksposur yang diperoleh. Hubungan antara sponsorship dan event sangat erat karena sponsor berperan penting dalam kelancaran acara.

Selain mendukung secara finansial, sponsor seringkali memberikan dukungan lain seperti souvenir event yang berfungsi sebagai kenang-kenangan sekaligus media promosi. Yuk, simak pembahasan lebih lanjut tentang apa itu sponsorship di bawah ini!

Apa itu Sponsorship?

Menurut Oxford Dictionary, sponsorship adalah posisi di mana seseorang atau organisasi mendukung acara untuk tujuan promosi atau keuntungan bersama. Dukungan ini bisa berupa uang atau fasilitas yang membantu acara berlangsung. Sebagai imbalannya, pihak yang menerima bantuan harus mempromosikan merek sponsor kepada peserta acara.

Jenis-Jenis Sponsorship

Berikut jenis-jenis sponsorship yang harus kamu ketahui:

1. Event Sponsorship

Perusahaan memberikan dukungan finansial atau materiil untuk acara seperti konser atau pameran.

2. Team Sponsorship

Biasanya perusahaan mendukung tim olahraga atau atlet individu dengan menyediakan dana, fasilitas, atau perlengkapan.

3. Media Sponsorship

Perusahaan biasanya bekerja sama dengan media untuk mempromosikan program tertentu. Media yang memberikan ruang untuk promosi sedangkan perusahaan menyediakan dana atau konten yang relevan.

Manfaat Sponsorship

Terdapat tiga manfaat utama dalam kegiatan sponsorship, yaitu:

1. Peningkatan Brand Awareness

Sponsorship dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan visibilitas merek dan menjangkau audiens yang lebih luas.

2.Membangun Citra Positif

Dengan mendukung acara yang relevan, perusahaan dapat membangun citra positif dengan menunjukkan komitmen mereka terhadap sebuah nilai.

Baca Juga :  Contoh TOR Lomba Desain Nasional

3. Audiens Baru

Kegiatan ini membuka peluang perusahaan untuk menjangkau audiens baru dan memperkenalkan produk atau layanan mereka kepada pelanggan potensial.

Perbedaan Sponsorship, Endorsement, Partnership

Berikut perbedaan antara ketiga hal tersebut:

  • Sponsorship: Perusahaan memberikan dukungan finansial atau materiil kepada suatu kegiatan untuk mendapatkan eksposur merek.
  • Endorsement: Public figure mendukung sebuah produk atau merek untuk memengaruhi audiens untuk membeli atau menggunakan produk tersebut.
  • Partnership: Dua pihak atau lebih bekerja sama dalam jangka panjang, berbagi tanggung jawab, dan manfaat untuk mencapai tujuan bersama

Dapat disimpulkan jika sponsorship berfokus untuk mendukung acara, endorsement berfokus pada dukungan public figure terhadap produk, dan partnership pada kerja sama jangka panjang antara dua pihak atau lebih.

Cara Mencari Sponsor

Berikut beberapa cara untuk mencari sponsor:

1. Tentukan Target Audiens

Dengan menentukan target audiens akan memudahkan kamu dalam mencari sponsor yang memiliki kesamaan nilai dan tujuan.

2. List Calon Sponsor

Buat daftar calon sponsor setelah kamu mengetahui siapa yang menjadi target audiens-nya. Kumpulkan informasi beberapa perusahaan yang potensial untuk menjadi sponsor di acaramu.

3. Buat Proposal yang Menarik

Buat proposal yang jelas dan profesional dengan menampilkan benefit bagi sponsor, termasuk eksposur merek dan ROI (Return on Investment).

4. Tawarkan Paket Sponsorship Berbeda

Buat beberapa tingkat paket sponsorship agar lebih fleksibel. Mulai dari yang kecil hingga yang besar agar peluang mendapatkan sponsor semakin besar.

5. Manfaatkan Relasi

Manfaatkan jaringan yang sudah ada, baik itu teman, kolega, atau media sosial untuk mendapatkan sponsor.

Kesimpulan

Itulah penjelasan mengenai apa itu sponsorship dan manfaatnya. Bisa disimpulkan jika kegiatan sponsorship merupakan kegiatan yang memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak yang terlibat.

Baca Juga :  Contoh RAB Lomba Sepeda .Doc

Yuk, dukung acara kamu dengan souvenir event berkualitas dari helloswag.id. Kunjungi sekarang juga!

campaign in article
campaign in article
Souvenir Event

Mungkin Kamu Juga Butuh

Contoh TOR Lomba Sepeda Lengkap .Doc

Contoh TOR Lomba Sepeda Lengkap .Doc

Pentingnya TOR terletak pada fungsinya sebagai acuan dasar dalam menyelenggarakan lomba sepeda. Tanpa TOR yang jelas, panitia tidak memiliki panduan dalam menjalankan tugas, anggaran menjadi tidak terkontrol, pembagian tanggung jawab tidak terstruktur, dan risiko...

Contoh TOR Lomba Catur Lengkap .Doc

Contoh TOR Lomba Catur Lengkap .Doc

Term of Reference (TOR) dalam lomba catur berfungsi sebagai landasan fundamental yang mengatur segala aspek penyelenggaraan, mulai dari teknis pertandingan, alokasi anggaran, hingga kriteria penilaian, layaknya papan catur yang menjadi dasar setiap permainan. Tanpa...

Contoh TOR Lomba Lari Lengkap Format .Doc

Contoh TOR Lomba Lari Lengkap Format .Doc

Dalam menyelenggarakan kegiatan olahraga seperti lomba lari, perencanaan yang sistematis sangatlah penting untuk menjamin kelancaran acara dan keselamatan peserta. Oleh karena itu, penyusunan dokumen Term of Reference (TOR) menjadi hal yang krusial. TOR berfungsi...