Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan apa itu webinar. Kegiatan yang dulunya dilakukan secara langsung, tetapi kini banyak dilakukan secara daring. Ini terjadi karena pesatnya perkembangan teknologi di zaman sekarang sehingga banyak institusi atau lembaga yang lebih sering menyelenggarakan webinar untuk menyampaikan informasi ataupun berdiskusi.
Nah, sebenarnya apa yang membuat banyak lembaga lebih memilih menyelenggarakan webinar dibandingkan seminar secara langsung? Untuk mengetahui jawabannya, yuk kita bedah lebih dalam lagi apa itu webinar dan beberapa manfaatnya yang sayang untuk dilewatkan!
Apa Itu Webinar?
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), webinar merupakan akronim dari web seminar yang berarti seminar yang diselenggarakan melalui situs web atau aplikasi berbasis internet. Adapun definisi menurut Oxford Dictionary, webinar adalah seminar yang dilakukan melalui internet.
Sementara menurut Cambridge Dictionary, seminar merupakan berkumpulnya sekelompok orang secara daring pada waktu yang sama untuk belajar atau berdiskusi membahas sebuah topik tertentu.
Kemudian menurut Mansyur (2019), webinar adalah sebuah platform yang membantu orang dapat bekerja secara online dan mobile walaupun dengan jadwal kerja yang padat untuk tetap bisa melakukan pertemuan. Meskipun peserta berada di tempat yang berbeda-beda, mereka tetap bisa bertemu secara virtual melalui webinar.
Setiana (2021) juga berpendapat bahwa webinar merupakan media untuk berkomunikasi dan memberikan informasi secara daring dengan menggunakan platform konferensi web.
Manfaat Webinar
Setelah mengetahui beberapa pengertian dari webinar, sekarang kita akan membahas apa saja manfaat dari kegiatan tersebut. Adapun beberapa manfaatnya, yaitu:
1. Manfaat Menyelenggarakan Webinar
Berikut beberapa manfaat dari menyelenggarakan webinar, yaitu:
- Meningkatkan brand awareness
Dengan mengadakan webinar, para penyelenggara dapat memperkenalkan brand atau instansi mereka kepada audiens. Hal tersebut dapat meningkatkan brand awareness dan juga memperkuat citra positif instansi. - Lebih hemat budget
Berbeda dengan seminar yang membutuhkan anggaran besar, webinar lebih hemat biaya sehingga perusahaan tetap bisa mengadakan acara tanpa membebani anggaran. - Tempat mengumpulkan leads
Perusahaan dapat mengumpulkan informasi calon pelanggan mereka melalui webinar secara legal. Data-data seperti nama dan alamat email yang diberikan oleh peserta pada saat registrasi dapat membantu perusahaan untuk membagikan informasi promosi. - Menunjukkan kredibilitas perusahaan
Dilansir dari laman Flowapp, webinar merupakan media paling terbaik jika perusahaan ingin menunjukkan kredibilitas mereka. Hal ini karena webinar biasanya memiliki struktur acara yang jelas dan banyaknya orang yang rela membayar untuk mengikuti kegiatan ini sehingga webinar sangat cocok untuk mengembangkan reliabilitas perusahaan. - Tempat mengumpulkan umpan balik
Webinar dapat membantu perusahaan untuk mengetahui ketertarikan audiens melalui umpan balik yang diberikan oleh peserta.
2. Manfaat Mengikuti Webinar
Tidak hanya pihak penyelenggara saja yang mendapatkan manfaat dari webinar, para pesertanya pun tentunya mendapatkan manfaat juga. Berikut beberapa manfaatnya:
- Mendapatkan sertifikat elektronik
Bagi peserta yang masih menempuh pendidikan seperti mahasiswa tentunya mereka membutuhkan sertifikat kegiatan untuk menambah portofolio. Oleh karena itu, mengikuti kegiatan webinar adalah langkah yang tepat karena mereka akan mendapatkan sertifikat elektronik di akhir acara. - Menambah relasi
Selain untuk menambah portofolio, peserta webinar juga dapat membangun relasi yang lebih luas karena mereka akan bertemu dengan banyak orang dari pelbagai latar belakang. - Mendapat wawasan baru
Sejatinya, fungsi utama dari kegiatan ini adalah mendapatkan pengetahuan baru dari pembicara ahli. - Dapat diikuti dari mana saja
Karena webinar sifatnya tidak terbatas oleh ruang maka peserta dapat mengikuti seminar daring ini di mana saja.
Jenis-Jenis Webinar
Berikut beberapa jenis webinar yang umumnya diselenggarakan oleh banyak institusi:
- Branding Webinar
Tujuan dari jenis webinar ini adalah untuk memperkenalkan brand dan membangun citra yang positif kepada audiens. Biasanya, perusahaan memasang logo mereka di sudut-sudut presentasi atau details lainnya. Hal tersebut dilakukan agar audiens dapat dengan mudah mengingat brand mereka. - Corporate Communication Webinar
Biasanya webinar ini diadakan sebagai salah satu bentuk komunikasi internal sebuah perusahaan. Tujuan diadakannya webinar ini adalah untuk mendapatkan umpan balik atau menyelesaikan sebuah isu. - Panelist Discussion Webinar
Jenis webinar ini biasanya menghadirkan beberapa ahli sebagai narasumber. Webinar ini juga umumnya dipimpin oleh seorang moderator dan seringkali diadakan sesi tanya-jawab. - Learning Webinar
Tujuan dari webinar ini adalah untuk memberikan edukasi terkait topik pembelajaran tertentu. Umumnya, penyelenggara juga mengundang pembicara ahli terkait dengan topik yang sedang dibahas.
Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Webinar
Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika akan menyelenggarakan sebuah webinar:
- Tentukan topik webinar dan usahakan topik yang akan dibawa relevan dengan keadaan yang sedang terjadi sehingga banyak orang yang tertarik untuk mengikuti webinar tersebut.
- Perhatikan tujuan awal diadakannya webinar agar kegiatan tersebut bisa terlaksana dengan baik.
- Siapkan fasilitas teknis dan non-teknis sebaik mungkin agar dapat meminimalisir hambatan terjadi pada saat acara berlangsung.
- Hindari memulai acara tidak sesuai dengan waktu yang telah disusun karena dapat membuat audiens memberikan penilaian buruk bagi para penyelenggara.
- Libatkan audiens dengan mengadakan sesi tanya jawab atau polling agar mereka tidak bosan dan lebih memahami materi yang disampaikan.
- Sediakan hadiah agar semakin banyak orang yang tertarik untuk mengikuti webinar.
Nah, itulah serba-serbi mengenai apa itu webinar yang harus kamu tahu. Semoga apa yang dibahas di atas dapat bermanfaat bagi kamu, ya!