Contoh Susunan Acara Rapat Lengkap

Contoh Susunan Acara Rapat Lengkap

Written By Dodi Insan Kamil

Seorang Digital Marketer yang berfokus pada Search Engine Optimization (SEO Spesialist) dan juga content writer yang menulis sesuai pesanan.

September 28, 2024

Custum kalender tahun 2026

Yuk, kita ngobrolin gimana sih susunan acara rapat yang lengkap itu. Gak peduli kamu kerja di bidang apa, rapat itu kayak ritual wajib yang harus dijalani. Nah, biar rapatnya efektif dan tidak mubazir, susunan acaranya harus jelas dan terstruktur. Ini dia contoh susunan acara rapat yang bisa kamu pake di berbagai bidang:

Contoh Susunan Acara Rapat

Sering bingung ketika mau nyusun acara harus apa dulu yang pertama sampai akhir? Sekarang udah ga perlu bingung lagi, kamu bisa menggunakan struktur acara rapat dibawah ini agar semakin mudah mengadakan rapat.

1. Pembukaan

Rapat dimulai! Biasanya ada sapaan hangat dari moderator atau pemimpin rapat. Ini penting buat set mood yang baik dan bikin semua peserta rapat siap buat diskusi seru.

2. Perkenalan Peserta

Kalo ada wajah baru atau tamu spesial, kasih kesempatan buat mereka buat perkenalan singkat. Ini ngebantu buat membangun konektivitas antar peserta.

3. Pembacaan Agenda

Jelasin apa aja yang bakal dibahas. Ini kayak roadmap rapatmu, jadi semua orang tau mau ngomongin apa dan bisa stay on track.

4. Review dan Evaluasi

Ini waktu yang tepat buat ngelihat kembali hasil rapat sebelumnya atau progress kerjaan. Di bidang IT, mungkin kamu bakal ngomongin update software. Di marketing, mungkin ada evaluasi campaign terakhir.

5. Diskusi Utama

Nah, ini inti dari rapat. Semua ide, masukan, dan debat kreatif terjadi di sini. Di bidang pendidikan, mungkin kamu bakal diskusi kurikulum. Di bidang kesehatan, mungkin ada diskusi tentang protokol baru di rumah sakit.

6. Penyampaian Laporan

Kalo ada yang perlu laporin hasil kerja atau proyek, ini waktunya. Misalnya, tim keuangan mungkin perlu kasih update tentang budget.

Baca Juga :  Mengenal Apa Itu Seminar Kit, Fungsi, dan Itemnya

7. Tanya Jawab

Buka sesi tanya jawab buat klarifikasi atau diskusi lebih dalam. Ini penting buat pastiin semua peserta paham dan gak ada miscommunication.

8. Penutupan

Rapat udah mau selesai, nih. Biasanya ada rangkuman singkat dan penentuan langkah selanjutnya. Jangan lupa, tetapkan juga jadwal rapat berikutnya.

9. Networking

Ini opsional, tapi kalo ada waktu, sesi networking bisa jadi bonus. Bisa jadi kesempatan buat ngobrol santai atau bahkan jalin kerjasama baru.

Gimana, mudah kan? Dengan susunan acara rapat yang lengkap dan terstruktur, kamu bisa bikin rapat jadi lebih produktif dan efisien.

Buat kamu yang mau ngadain rapat acara seminar, coba pikirin untuk nambahin seminar kit di acara kamu, dijamin makin asik. Kalo kamu butuh seminar kit bisa langsung hubungi kami saja oke.

Seminar kit custom
Custum kalender tahun 2026
Souvenir Event

Mungkin Kamu Juga Butuh

Annual Meeting: Pengertian, Format, dan Tema

Annual Meeting: Pengertian, Format, dan Tema

Annual meeting adalah pertemuan resmi yang diadakan minimal setahun sekali oleh perusahaan atau organisasi untuk review kinerja tahun lalu, bahas strategi & rencana tahun depan, dan ambil keputusan penting. Kadang evaluasi dan keputusan pergantian direksi juga...

2 Contoh RAB Event Seminar

2 Contoh RAB Event Seminar

Merencanakan sebuah seminar tentunya membutuhkan perhitungan anggaran yang matang agar acara dapat berjalan lancar dan sesuai dengan tujuan. RAB (Rencana Anggaran Biaya) dalam event seminar sangat penting sebagai panduan dalam menyusun estimasi biaya, mulai dari sewa...

Contoh Surat Undangan Narasumber Seminar .Doc

Contoh Surat Undangan Narasumber Seminar .Doc

Ketika akan mengadakan sebuah acara terutama acara formal seperti seminar atau diskusi publik, surat undangan narasumber menjadi salah satu hal penting yang harus dipersiapkan. Surat ini harus disusun dengan baik dan profesional agar narasumber berkenan untuk hadir....